cara cepat hamil - tips cepat hamil dan panduan lengkap kehamilan, tips kesehatan, sistem reproduksi dan lain-lain.

20130421

Metode untuk Menghitung Masa Subur


Untuk menghitung masa subur, khususnya bila anda tidak mempunyai masalah dengan siklus menstruasi anda, anda bisa menggunakan sistem kalender. Untuk wanita yang mempunyai siklus menstruasi tidak teratur, cara ini akan sangat sulit untuk digunakan. Caranya, catat siklus menstruasi anda selama 3 bulan terakhir mulai hari dimana anda mendapatkan menstruasi yang pertama.

Hari ke 14 adalah hari yang perlu anda tandai karena waktu ini adalah waktu terjadinya ovulasi. Agar sperma dapat berhasil melakukan pembuahan, kurangi 2 hari dari hari saat terjadinya ovulasi ini. Masa hidup sperma yang bisa mencapai 48 jam dan juga ditambah dengan masa hidup sel telur selama 24 jam setelah ovulasi.
Contoh jelasnya, bila siklus haid anda adalah 28 hari dan haid terakhir terjadi tanggal 1 dan haid berikutnya tanggal 28, maka tanggal 14 adalah masa ovulasi. Kurangi dan tambah dengan 2 hari, maka masa subur anda sekitar tanggal 12 sampai 16.

• Mengukur suhu tubuh juga bisa dilakukan karena saat masa sebelum dan sesudah ovulasi, suhu tubuh anda meningkat karena produksi hormon progesteron.

• Saat masa ovulasi terjadi juga peningkatan produksi hormon  estrogen. Hal ini mempengaruhi bentuk fisik lendir rahim anda. Lendir rahim menjadi lebih encer dan bila anda raba dengan jari akan membentu seperti benang bening.

• Alat tes ovulasi. Alat ini dijual bebas diapotik dan toko obat. Alat ini akan mengukur tingkat produksi hormon LH yang biasanya mencapai puncak saat masa ovulasi. Alat ini mirip dengan alat tes kehamilan, hanya saja harganya lebih mahal.

Dengan cara diatas, maka anda tidak akan dapat mengetahui masa ovulasi atau masa yang paling subur anda untukmemperbesar kemungkinan mendapatkan kehamilan. Selain itu, dengan mengetahui masa subur anda, anda yang masih ingin menunda mempunyai anak bisa menggunakan cara ini untuk rencana Keluarga Berencana anda. Dengan bercinta diluar waktu subur, anda juga bisa menggunakannya sebagai alat kontrasepsi alami.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Metode untuk Menghitung Masa Subur

0 komentar:

Posting Komentar