cara cepat hamil - tips cepat hamil dan panduan lengkap kehamilan, tips kesehatan, sistem reproduksi dan lain-lain.

20130601

Panduan Nutrisi untuk Ibu Hamil

Seorang bayi mulai membentuk organ utama selama beberapa minggu pertama kehamilan. Oleh karena itu menyusun rencana gizi sebelum kehamilan terjadi sangat penting. Kebiasaan makan yang baik sebelum hamil akan memberikan dasar nutrisi yang tepat untuk masa awal kehamilan. Selanjutnya anda hanya perlu mengetahui makanan yang tepat untuk dimakan ketika hamil sehingga selama kehamilan anda tetap mendapatkan nutrisi yang baik. 

Nutrisi kehamilan harus dianggap serius karena nutrisi penting yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh berasal dari makanan ibu. Seorang ibu perlu mempelajari tentang makanan yang tepat dalam masa kehamilan dan makan makanan yang tepat untuk memastikan nutrisi optimal yang mendukung pertumbuhan bayi melalui pengaturan nutrisi selama rencana kehamilan. 

Jika ibu makan terlalu banyak kalori tanpa gizi perkembangan sel bayi dapat terancam dan bayi akan memiliki berat badan lahir rendah. Bayi yang lahir dengan berat rendah biasanya rentan terhadap berbagai masalah kesehatan. Selama beberapa bulan pertama kehamilan tingkat metabolisme dan sirkulasi darah seorang ibu meningkat. Hal ini terjadi untuk memastikan bahwa bayi menerima nutrisi yang dibutuhkan untuk mengembangkan tulang, organ dan jaringan. Kekurangan gizi selama fase ini akan menghasilkan bayi yang tidak sehat. 
Kenaikan berat badan ibu selama kehamilan adalah hal wajar. Kenaikan berat badan ibu hamil bukan hanya karena berat badan bayi tetapi juga karena peningkatan volume darah, penyimpanan lemak, peningkatan ukuran otot dan peningkatan ukuran kelenjar susu dalam mempersiapkan diri untuk produksi susu. Namun, kenaikan berat badan harus lambat dan stabil dengan kenaikan rata-rata berat badan antara 22 dan 32 kilogram.

Memantau nutrisi selama kehamilan tidak memerlukan pemeriksaan, yang dibutuhkan adalah pemahaman yang baik mengenai makanan yang dikonsumsi ketika hamil. Panduan piramida mengajarkan ibu hamil ukuran proporsi makanan yang benar dan menjelaskan berbagai makanan penting untuk nutrisi selama kehamilan. 

Seorang ibu hamil harus makan persyaratan minimum yang disarankan piramida. Roti dan sereal berada di dasar piramida. Makanan ini memberikan vitamin, serat dan mineral. Kemudian diikuti oleh Buah-buahan dan sayuran memberikan banyak vitamin esensial dan asam folat. Protein berada pada tingkat ketiga piramida diperlukan untuk perkembangan dinding sel. Kelompok terakhir terdiri dari lemak dan gula yang dapat dikonsumsi seperlunya karena tidak terlalu penting.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Panduan Nutrisi untuk Ibu Hamil

0 komentar:

Posting Komentar