cara cepat hamil - tips cepat hamil dan panduan lengkap kehamilan, tips kesehatan, sistem reproduksi dan lain-lain.

20151122

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil yang Tak Banyak Diketahui

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil
Menjadi calon ibu merupakan keajaiban terbesar yang hanya bisa dirasakan oleh kita kaum hawa. Tentunya setiap calon ibu menginginkan yang terbaik untuk bayinya terutama dalam memenuhi kebutuhan nuttrisinya bahkan sejak masih berada dalam kandungan. Salah satunya dengan memenuhi nutrisi melalui manfaat air kelapa untuk ibu hamil.

Sebagaimana yang kita ketahui, kelapa memiliki seribu satu manfaat mulai dari akar hingga pucuk tunasnya bisa dimanfaatkan, termasuk juga air buah kelapa. Ternyata manfaat air kelapa untuk ibu hamil sangat beragam dan dapat kita andalkan selama masa kehamilan loh, bunda! Air kelapa bisa menjadi sumber utama untuk memenuhi asupan berbagai nutrisi baik untuk si jabang bayi maupun bagi bunda sendiri. Nah, berbagai manfaat air kelapa untuk ibu hamil berikut ini bisa menjadi inspirasi bunda agar mulai menggemari air kelapa selama kehamilan. Yuk simak satu persatu, Bunda :

1.    Air kelapa sebagai nutrisi alami ibu dan bayi

Tak diragukan lagi bahwa air kelapa mengandung berbagai macam nutrisi alami terutama yang sangat dibutuhkan untuk ibu maupun bayi dalam kandungan. Sebab dalam setiap 250 cc air kelapa muda, dapat memenuhi kebutuhan harian serat sebayak 8%, karbohidrat 8%, protein 5%, asam folat (yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin) sebanyak 3%, riboflavin 10%, thiamin 6%, vitamin C 10%, kalsium 7%, zat besi 9%, dan berbagai vitamin serta senyawa isotonik lainnya yang sangat bermanfat untuk memenuhi kebutuhan gizi harian ibu dan janin di dalam kandungan. Nah, jika bunda rutin mengkonsumsi 1 buah kelapa muda setiap harinya, artinya Bunda telah memenuhi kebutuhan nutrisi seperti perhitungan di atas. Sebab, 1 butir kelapa muda biasanya mengandung 250 – 350 cc air kelapa yang sangat nikmat apalagi jika dikonsumsi siang – siang hari yang terik.

2.    Meredakan rasa mual dan muntah pada awal kehamilan

Rasa segar yang terdapat dalam kelapa muda membuat si minuman ajaib ini sangat berkhasiat untuk meredakan rasa mual dan keinginan untuk muntah yang mungkin Bunda rasakan selama masa – masa awal kehamilan. Nah, agar nafsu makan dan asupan nutrisi tak tergaggu akibat mual dan muntah, bunda bisa mengatasinya dengan rutin mengkonsumsi air kelapa. Agar lebih praktis, Bunda bisa menempatkannya di wadah siap minum dan menyimpannya di kulkas, sehingga sewaktu – waktu bunda membutuhkan bisa segera meminumnya.

3.    Mencegah dehidrasi dan tubuh lemas selama mengandung

Tubuh terasa lemas dan letih selama mengandung merupakan tanda – tanda bunda mengalami dehidrasi disertai dengan anemia. Jangan anggap remeh dehidrasi dan anemia ini ya, Bunda. Segera cegah dengan mengkonsumsi air kelapa muda. Karena air kelapa muda mengandung isotonik dan zat besi yang cukup banyak dan bisa segera diserap oleh tubuh.

4.    Membantu meningkatkan kualitas air ketuban

Nah, manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang berikutnya adalah khasiatnya untuk menunjang kualitas air ketuban. Kandungan antioksidan seperti thiamin, riboflavin dan vitamin C dalam air kelapa muda yang cukup tinggi sangat baik untuk menyerap berbagai kotoran berbentuk lendir yang ada pada air ketuban loh, Bunda! Sehingga jika dikonsumsi secara rutin, bisa membantu memperlancar proses persalinan karena air ketuban jernih dan bebas lendir.

5.    Detoksifikasi racun secara alami dan aman bagi bayi

Detoksifikasi atau proses menghilangkan racun – racun yang mengendap di dalam tubuh adalah salah satu manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang tak bisa kita remehkan. Sebab air kelapa muda memiliki kemampuan untuk membersihkan racun dalam tubuh Bunda ketika sedang dalam proses kehamilan. Terutama yang disebabkan karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh sehingga menyebabkan terjadinya ISK alias Infeksi Saluran Kemih yang sangat lazim terjadi pada wanita hamil. Nah, mengkonsumsi air kelapa muda bisa mendetoksfikasi tubuh secara umum terutama pada saluran kemih sehingga racun – racun akibat hormon tubuh yang tak seimbang tersebut dapat dikeluarkan secara alami.

Nah, dengan berbagai manfaat air kelapa untuk ibu hamil di atas tentunya Bunda perlu memasukkannya sebagai menu harian selama masa kehamilan. Karena yang alami, yang berkhasiat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil yang Tak Banyak Diketahui

0 komentar:

Posting Komentar