cara cepat hamil - tips cepat hamil dan panduan lengkap kehamilan, tips kesehatan, sistem reproduksi dan lain-lain.

20151130

Tips Menggunakan Alat Tes Kehamilan Dengan Tepat

Kehamilan merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu semua pasangan, apalagi untuk pasangan yang sudah menikah cukup lama. Tak jarang tanda-tanda kehamilan sudah mulai dirasakan oleh wanita, tetapi ternyata ciri-cirinya tidak pasti dan malah mengakibatkan kekecewaan. Untuk itu diperlukan sesuatu yang dapat memastikan benar tidaknya telah terjadi kehamilan yakni dengan cara melakukan tes kehamilan.

Tes kehamilan dapat dilakukan di laboratorium, ataupun dilakukan sendiri di rumah. Untuk tes kehamilan yang dilakukan sendiri, Anda dapat menggunakan alat tes kehamilan yang dijual bebas di apotik dan toko obat. Alat ini bekerja dengan mendeteksi hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin) dalam urine, dimana hormon ini merupakan hormon yang dihasilkan oleh plasenta (ari-ari) sebagai penentu kehamilan.
Alat tes kehamilan atau test pack, ada beberapa jenis yaitu :

1. Alat tes kehamilan model strip
Alat tes kehamilan model ini paling banyak beredar di pasaran. Harganya pun relatif terjangkau. Dalam menggunakan alat tes kehamilan model strip, Anda diharuskan untuk menampung urine dalam sebuah wadah. Selanjutnya celupkan alat tes sesuai petunjuk dalam kemasan, tentang bagian strip mana yang harus dicelupkan dan seberapa dalam harus dimasukkan dalam larutan urine. Jika memang urine Anda mengandung HCG, maka setelah beberapa menit bagian strip yang terkena urine akan berubah warna, diikuti munculnya garis merah pada strip tersebut. Biasanya, 1 garis merah pada strip artinya negatif dan Anda tidak hamil, sedangkan 2 garis merah artinya positif dan Anda sedang hamil.

2. Alat tes kehamilan model stick
Untuk alat tes kehamilan model stick, Anda diharuskan buang air kecil pada stick uji yang disediakan. Kemudian Anda harus mengikuti petunjuk yang tertera dalam kemasan. Selanjutnya, Anda diminta menunggu sebentar untuk mengetahui hasilnya. Biasanya hasil berupa warna atau simbol tertentu yang menandakan hasil test positif atau negatif.

3. Alat tes kehamilan digital
Model terbaru dari alat tes kehamilan ini dirancang untuk menyediakan hasil yang lebih jelas. Beberapa wanita mengaku bingung membaca simbol-simbol dari hasil test menggunakan alat tes kehamilan analog. Belum lagi munculnya garis merah yang terkadang pudar dan tidak jelas membuat calon ibu stress. Jika memang demikian, calon ibu bisa memilih menggunakan alat tes kehamilan digital. Alat ini hanya memberikan simbol positif – negatif atau titik – kosong saja. Sehingga Anda tak perlu menebak-nebak apakah sedang hamil atau tidak.

Kemudian bagaimana menggunakan alat tes kehamilan dengan tepat? Berikut ini beberapa tipsnya :
1.    Sebelum menggunakan, ada baiknya Anda memeriksa tanggal kadaluarsa pada kemasan alat tes kehamilan tersebut.
2.    Pilih alat tes yang tingkat kepekaannya tinggi. Semakin kecil kadar HCG yang diperlukan maka semakin tinggi pula tingkat keakuratannya.
3.    Hindari minum air terlalu banyak sebelum menggunakan alat tes kehamilan. Urine yang terlalu cair dapat mempengaruhi hasil akhir tes.
4.    Sebaiknya lakukan tes pada pagi hari setelah Anda bangun tidur. Karena pada pagi hari lah urine mengandung kadar HCG yang tertinggi.
5.    Setelah menggunakan alat tes kehamilan atau test pack, tunggu hasilnya 1 – 3 menit hingga muncul tanda-tanda tentang ada tidaknya suatu kehamilan.
6.    Jika hasil yang didapatkan positif, segera kunjungi dokter kandungan untuk memastikan benar tidaknya ada kehamilan dan mendapatkan penanganan yang tepat sejak dini.
7.    Jika hasil yang didapatkan negatif, coba lagi beberapa waktu sekitar 3 minggu hingga 1 bulan ke depan.
8.    Bila hasilnya tetap negatif setelah melakukan tes ulang dan Anda masih belum juga haid, segera periksakan diri ke dokter kandungan untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih akurat.


Demikian beberapa tips menggunakan alat tes kehamilan dengan tepat untuk menambah pengetahuan Anda. Semoga bermanfaat bagi semua wanita yang sedang menantikan masa kehamilannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Menggunakan Alat Tes Kehamilan Dengan Tepat

0 komentar:

Posting Komentar