cara cepat hamil - tips cepat hamil dan panduan lengkap kehamilan, tips kesehatan, sistem reproduksi dan lain-lain.

20151202

Cara Mengejan Yang Benar Saat Melahirkan

Mengejan dengan benar adalah suatu hal yang wajib dikuasai oleh ibu hamil. Memahami cara mengejan yang benar tentu akan sangat membantu melancarkan proses kelahiran. Sebaliknya, kesalahan dalam mengejan bisa menimbulkan efek yang tidak diharapkan seperti pecahnya pembuluh darah di mata hingga bayi yang harus dibantu dengan alat vakum jika ibu kehabisan napas karena salah mengejan.

Ibu hamil harus menyadari bahwa melahirkan adalah proses alami, dimana bayi akan terdorong dengan sendirinya tanpa terlalu banyak mengeluarkan tenaga. Asalkan ibu tetap tenang dan tidak panik saat menghadapi proses melahirkan. Nah, berikut ini ada beberapa cara mengejan yang benar saat melahirkan untuk pengetahuan ibu hamil agar tetap tenang dan bahagia menghadapi persalinan.

Lakukan setelah pembukaan lengkap
Pembukaan lengkap atau pembukaan sepuluh adalah pembukaan sebesar 10 cm dimana merupakan pembukaan jalan lahir yang ideal untuk bayi. Pembukaan lengkap ini akan dipastikan oleh dokter atau bidan melalui pemeriksaan dalam. Jangan mengejan jika tidak mendapatkan aba-aba dari dokter atau bidan yang menangani proses melahirkan.

Kebanyakan ibu hamil seakan ingin segera mengakhiri ‘penderitaannya’ dan mengejan kuat-kuat untuk mengeluarkan bayi, padahal itu salah. Mengejan sebelum pembukaan lengkap akan membuat mulut rahim membengkak, dan itu justru akan mempengaruhi proses melahirkan. Meskipun tidak nyaman karena harus menunggu pembukaan lengkap, ibu hamil harus tetap sabar dan melakukan cara mengejan yang benar agar si kecil dapat terlahir dengan lancar.

Pilihlah posisi yang paling nyaman
Posisi melahirkan yang umum disarankan adalah berbaring, kedua kaki dibuka dan lutut ditekuk. Kemudian peluk paha sambil tangan dilingkarkan dibawah paha, dan tarik paha ke arah dada. Posisi seperti ini akan memberi keleluasaan ibu dalam melakukan cara mengejan yang benar. Posisi lain, jika memungkinkan, juga dapat digunakan seperti berbaring miring ke sisi kiri, posisi berdiri atau jongkok. Semuanya tergantung dari kondisi yang memudahkan janin untuk cepat lahir dan tentunya berkonsultasi dahulu dengan tenaga ahli seperti dokter atau bidan yang membantu persalinan.

Ikuti komando dan irama tubuh
Saat mengejan, penting bagi ibu untuk mengikuti komando dari dokter kandungan atau bidan yang mendampingi. Ketika pembukaan lengkap dan rahim berkontraksi, dokter akan memberi aba-aba dan ibu diminta untuk mengejan. Pada saat itu, ibu jangan menahan-nahan lagi, lakukan cara mengejan yang benar seperti disarankan sambil mengikuti irama tubuh.

Seringkali ada ibu yang takut jika fesesnya keluar saat mengejan, sehingga mengangkat panggulnya. Hal inilah yang kemudian membuat robekan perineum yaitu daerah antara vagina dan anus menjadi lebih lebar sehingga memerlukan banyak jahitan.

Kumpulkan tenaga   
Untuk dapat melakukan cara mengejan yang benar, sebaiknya ibu jangan membuang-buang tenaga seperti berteriak-teriak, mengeluh dan panik. Berteriak-teriak hanya akan membuat keributan dan kelelahan sebelum waktunya. Ibu juga akan tegang dan takut sehingga membuat proses persalinan menjadi kurang lancar.
Ibu disarankan untuk menarik napas dalam-dalam, berkonsentrasi, dan mengikuti komando kapan harus mengejan dan kapan harus berhenti. Setidaknya hal ini akan membuat kondisi ibu dan bayi menjadi lebih baik.

Jangan menutup mata saat mengejan
Saat mengejan, dibutuhkan tenaga yang kuat dan koordinasi semua otot dalam tubuh termasuk mata ibu. Maka sebaiknya ibu jangan menutup mata saat mengejan. Buka mata dan pandang perut Anda adalah salah satu cara mengejan yang benar, berkonsentrasilah untuk mendengar komando dan pahami irama tubuh. Menutup mata saat mengejan hanya akan menyebabkan pembuluh darah mata pecah, dan mata Anda pun akan berubah merah hingga beberapa hari ke depan usai melahirkan.

Hindari mengangkat panggul saat mengejan
Tanpa disadari, karena sakit yang luar biasa, ada ibu yang mengangkat panggul atau bokong saat mengejan. Sebaiknya ibu harus tetap fokus dan sadar saat proses melahirkan tiba serta melakukan cara mengejan yang benar dengan menjaga agar panggul tidak terangkat. Ini penting untuk menghindari robekan di daerah sekitar vagina dan anus sehingga membutuhkan banyak jahitan.

Demikian beberapa cara mengejan yang benar sebagai pedoman bagi ibu untuk melakukan persalinan. Selain memahami cara mengejan, ibu juga wajib menjaga kesehatan fisik dan mental dalam menghadapi proses persalinan nanti.
Selamat menanti kelahiran sang buah hati!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengejan Yang Benar Saat Melahirkan

0 komentar:

Posting Komentar