cara cepat hamil - tips cepat hamil dan panduan lengkap kehamilan, tips kesehatan, sistem reproduksi dan lain-lain.

20151217

Inilah Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Tidur yang cukup adalah hal yang sangat penting dalam masa kehamilan. Meskipun begitu, banyak ibu hamil yang mengaku sulit tidur dan mencari posisi tidur yang baik untuk ibu hamil, karena khawatir jika posisi tidurnya dapat berpengaruh pada kandungan. Padahal sebenarnya ibu hamil tidak perlu khawatir, karena janin dalam kandungan terlindungi oleh cairan ketuban dan memiliki ruang tersendiri untuk bergerak bebas.

Kesulitan tidur yang dialami ibu hamil juga dapat terjadi karena beberapa sebab antara lain badan yang terlalu lelah, mual yang berlebihan, sakit kepala, keringat yang berlebih atau sakit pada bagian pinggul. Untuk itu, tak ada salahnya jika ibu hamil berhati-hati memilih posisi tidur yang nyaman untuk mendapatkan kualitas tidur yang maksimal. Karena kekurangan tidur tentu dapat mengganggu kesehatan ibu dan janin itu sendiri.

Berikut ini beberapa posisi tidur yang baik untuk ibu hamil berdasarkan usia kehamilannya.

1. Ibu hamil trimester pertama

Pada kehamilan trimester pertama yaitu usia 1,2,3 bulan, ibu hamil memiliki cukup banyak posisi tidur pilihan. Hal ini disebabkan perut ibu hamil yang memang tergolong masih kecil, sehingga posisi tidur apapun belum menimbulkan masalah yang serius. Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil trimester pertama ini adalah posisi tengkurap, miring dan terlentang. Ibu hamil bebas menentukan posisi mana yang membuat dirinya dapat tidur dengan nyaman dan tenang.


2. Ibu hamil trimester kedua

Pada kehamilan trimester kedua, ibu hamil mulai terbatas dalam menentukan posisi tidur. Hal ini disebabkan karena perut dan payudara ibu hamil mulai membesar. Untuk itu, ibu hamil trimester kedua disarankan agar menghindari posisi tidur tengkurap yang dapat membuatnya kurang nyaman, karena perut terhimpit oleh beban berat ibu.

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil trimester kedua adalah terlentang dan miring. Namun, posisi miring sepertinya posisi yang paling nyaman untuk ibu hamil trimester kedua. Posisi terlentang akan membuat ibu hamil sering mengalami sakit pinggang, wasir, dan masalah pencernaan lainnya. Karena posisi terlentang, akan membawa seluruh beban bayi ke belakang yang dapat menekan organ-organ ibu mulai dari rusuk tulang belakang, usus, hingga pembuluh darah pada bagian tulang belakang.

Posisi tidur terlentang juga tidak dianjurkan bagi ibu yang memiliki masalah pada tekanan darah tinggi atau hipertensi, karena justru akan memperparah kondisi hipertensinya.


3. Ibu hamil trimester ketiga

Untuk usia kehamilan trimester ketiga, posisi tidur yang baik untuk ibu hamil adalah tidur miring, baik miring ke kiri maupun miring ke kanan. Sebenarnya posisi tidur miring ini adalah posisi terbaik bagi ibu hamil berapapun usia kehamilannya. Namun, khusus untuk kehamilan trimester ketiga, tidur miring dianjurkan karena dapat mencegah timbulnya berbagai masalah dan keluhan seputar kehamilan.

Menurut penelitian, tidur miring selama kehamilan ternyata juga bermanfaat bagi pertumbuhan janin. Dimana dapat membuat aliran darah, oksigen dan nutrisi dari tubuh ibu ke plasenta janin menjadi lebih maksimal. Selain itu, posisi ini juga membantu meringankan pembengkakan pada kaki dan pergelangan tangan pada ibu hamil.

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil dengan miring, dapat dibuat menjadi lebih nyaman dengan meletakkan bantal pada kedua lutut ibu, mengatur agar posisi kepala lebih tinggi daripada perut dan menggunakan kasur serta bantal yang nyaman.

Demikian posisi tidur yang baik untuk ibu hamil berdasarkan usia kehamilannya. Semoga bermanfaat bagi ibu hamil yang mendambakan waktu tidur berkualitas, nyaman dan tenang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

0 komentar:

Posting Komentar