cara cepat hamil - tips cepat hamil dan panduan lengkap kehamilan, tips kesehatan, sistem reproduksi dan lain-lain.

20151205

Tips Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Kondisi kaki bengkak saat hamil adalah salah satu perubahan fisik yang umum terjadi pada ibu hamil. Bahkan sebanyak 75% ibu hamil memang mengalami hal semacam ini. Pembengkakan kaki biasanya terjadi pada akhir trimester kedua (mulai usia kehamilan 24 minggu) atau bisa juga terjadi saat memasuki trimester ketiga (usia kehamilan diatas 28 minggu). Pembengkakan pada kaki tepatnya di sekitar pergelangan kaki dan telapak kaki, akan semakin memburuk ketika ibu hamil terlalu banyak duduk atau berdiri sepanjang hari.

Sebenarnya apa sih penyebab kaki bengkak saat hamil? Menurut penelitian, pembengkakan terjadi karena peningkatan cairan tubuh, baik berupa volume darah maupun cairan antar sel termasuk adanya cairan ketuban. Pembengkakan kaki pada ibu hamil, kebanyakan tidak menimbulkan keluhan apa-apa kecuali perasaan tidak nyaman dan pegal pada kaki.

Bagi Anda yang khawatir dengan kondisi kaki bengkak saat hamil, sebaiknya atasi dengan beberapa tips berikut ini :

1. Hindari berdiri terlalu lama
Berdiri terlalu lama akan membuat kaki semakin bengkak, karena pada saat berdiri kaki akan menopang berat badan ibu hamil yang berlebihan. Selain itu, berdiri terlalu lama juga akan melemahkan otot dan menghambat peredaran darah. Untuk itu, hindari berdiri terlalu lama apalagi jika kehamilan Anda sudah memasuki trimester ketiga.

2. Banyak bergerak
Kondisi kaki bengkak saat hamil dipicu oleh tidak lancarnya sirkulasi darah. Oleh sebab itu, diharapkan ibu hamil tidak malas bergerak terutama di pagi hari. Olahraga ringan seperti jalan kaki diyakini dapat melancarkan peredaran darah terutama pada area kaki.

3. Seimbangkan menu makanan
Ibu hamil sebaiknya juga memperhatikan menu makanannya. Hindari mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam. Kandungan garam yang berlebihan dalam tubuh, akan turut memicu kondisi kaki bengkak saat hamil.

4. Gunakan alas kaki yang nyaman
Seperti diketahui, peredaran darah yang kurang lancar dapat memperparah pembengkakan pada kaki. Untuk itu, hindari menggunakan alas kaki yang sempit dan kurang nyaman. Sebaiknya ibu hamil memilih alas kaki yang cukup dengan ukuran kakinya sendiri. Alas kaki yang nyaman bukan hanya membuat peredaran darah lancar, tetapi juga memudahkan pergerakan ibu yang sedang hamil.

5. Meninggikan posisi kaki
Untuk menghindari kaki bengkak saat hamil, sebaiknya perhatikan juga posisi kaki ketika tidur. Tinggikan posisi kaki dibanding posisi badan dengan cara menyandarkan ke tembok atau dengan tumpuan 2 atau 3 bantal. Ini dimaksudkan agar aliran darah di kaki tidak terhambat meskipun ibu hamil dalam keadaan tidur.

6. Tidur miring ke kiri
Posisi tidur miring ke kiri akan membantu pembuluh darah balik terbebas dari tekanan. Hal ini menyebabkan aliran darah yang kembali ke jantung bergerak lebih leluasa. Jika aliran darah lancar, kondisi kaki bengkak saat hamil pun dapat diminimalkan.

7. Kompres kaki dengan air dingin
Air dingin bermanfaat untuk mengurangi kondisi kaki yang bengkak, caranya :
•    Campur air biasa dengan air es atau es batu
•    Celupkan handuk bersih ke dalam air dingin tersebut
•    Kompreskan handuk tadi pada kaki yang bengkak selama 15 – 20 menit

8. Berjalan dalam kolam renang
Saat ibu hamil berolahraga renang, usahakan untuk melakukan gerakan berjalan dalam kolam renang. Pastikan kaki menyentuh dasar kolam dan mulailah berjalan perlahan-lahan. Selain melancarkan peredaran darah, daya apung kolam akan mengangkat bayi sehingga membantu memperbaiki posisi bayi juga.

Demikian tips mengatasi kaki bengkak saat hamil, diharapkan ibu hamil selalu memperhatikan kondisi kesehatan dan perubahan yang terjadi pada tubuhnya. Serta tidak malas berkonsultasi dengan bidan atau dokter kandungan selama kehamilannya. Karena kesehatan ibu hamil sangat menentukan kelancaran proses persalinan nanti.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

0 komentar:

Posting Komentar